Forum Cinta Rasul Forum Cinta Rasul
Cinta Allah, Cinta Rasul, Cinta Sesama
 
FAQ :: Pencarian :: Anggota :: Group :: Pendaftaran
Profil :: Login ke Pesan Pribadi Anda :: Login

Puasa hari kelahiran

 
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Cinta Rasul -> A. TENTANG ISLAM
Topik sebelumnya :: Topik selanjutnya  
Pengirim Message
kurnia
Cinta Rasul Family


Sejak: 19 Feb 2007
Post: 247
Lokasi: Jakarta Selatan

PostDikirim: Sen Jul 02, 2007 3:17 pm    Judul: Puasa hari kelahiran Balas dengan kutipan

saya pernah mendengar bahwa puasa pada hari kelahiran itu bagus, dan yang lahir pada hari Jum'at yang katanya agak berat tentang peruntungannya misalnya karir, jodoh dll. Apakah itu benar? Apakah ada di dalam ajaran Islam?

Jika benar lalu bagaimana jika dia hari Jum'at? Sedangkan yang saya tahu Puasa Sunah 1 hari pada hari Jum'at tidak boleh, apakah harus dibarengi dengan puasa hari kamis/sabtu?

lalu waktu ingin membayar puasa, apa niatnya harus menggunakan bahasa arab, bagaimana bunyinya
Mohon penyelasannya. syukron ya Smile Smile , afwan kebanyakan tanya Very Happy
_________________
Tersenyumlah karena senyum itu ibadah
" Hidupi hati kita dengan shalawat "
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim AIM Address Yahoo ID
pancuran
Cinta Rasul Family


Sejak: 03 Jul 2007
Post: 384
Lokasi: bandung

PostDikirim: Kam Jul 05, 2007 8:27 am    Judul: Balas dengan kutipan

mohon di ralat y kalo ada kesalahan.
pada dasar nya puasa kelahiran itu ialah puasa sunah, intinya bukan dari nama puasa tersebut, tapi niat lillahita'ala, contoh ; puasa senen - kamis, klo ga salah itu hari dimana rasulullah lahir dan meninggal.
nia aku belum tau kalo ada hari yang dilarang tuk puasa, mohon penjelasannya, yang aku tau ada 5 hari yang dilarang tuk puasa:
1. hari raya idul fitri
2. hari raya idul adha
3. hari tasyrik ( 11, 12, 13 ) jadi dah lima, dan ada lagi puasa yang dilarang,
4. puasa yang niat nya bukan karna ALLAH, contoh ada puasa mati geni, mutih, dll yang intinya bukan karna ALLAH.
trus, membayar puasa? maksudnya qodho y, ALLAH tau semua bahasa, arab, bule, melayu dll, apa yang kamu bisa ucapkan itu dah syah, do'a aja lebih meresap jika pakai bahasa sendiri, seperti aa gym, ustadz arifin ilham, dan yang lainnya. afwan kalo ada salah y, sorry semalam aku ga bisa balas mc kamu, lagi bokek.....hehehee....
_________________
wassalam;

adi nuryadin
----------------
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Yahoo ID
kurnia
Cinta Rasul Family


Sejak: 19 Feb 2007
Post: 247
Lokasi: Jakarta Selatan

PostDikirim: Kam Jul 05, 2007 8:49 am    Judul: Balas dengan kutipan

Syukron ya kak Adi, bagi2 ilmunya yang lain dong, sekarang ketahuan ya.........
_________________
Tersenyumlah karena senyum itu ibadah
" Hidupi hati kita dengan shalawat "
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim AIM Address Yahoo ID
Mualaf
Cinta Rasul Family


Sejak: 12 Mei 2007
Post: 20
Lokasi: SAYA HADIR SEBAGAI TUKANG KRITIK

PostDikirim: Kam Ags 23, 2007 10:29 am    Judul: Balas dengan kutipan

Salam Sejahtera..!!!!

saya mencoba menanggapi keterangan dari saudaraku Kurnia,

Quote:
saya pernah mendengar bahwa puasa pada hari kelahiran itu bagus, dan yang lahir pada hari Jum'at yang katanya agak berat tentang peruntungannya misalnya karir, jodoh dll. Apakah itu benar? Apakah ada di dalam ajaran Islam?


yang sudah sedikit dijelaskan oleh saudara pancuran......

Quote:
pada dasar nya puasa kelahiran itu ialah puasa sunah, intinya bukan dari nama puasa tersebut, tapi niat lillahita'ala, contoh ; puasa senen - kamis, klo ga salah itu hari dimana rasulullah lahir dan meninggal.


Nabi Muhammad Lahir pada Hari Senin Rabi'ul Awal dan dia menghormati hari kelahirannya dengan cara puasa sunnah!!! sungguh bijak, dan selayaknya kita tau bahwa segala sesuatu perbuatan Nabi Muhammad adalah suri tauladan bagi ummatnya, maka apa salahnya kita sebagai umatnya ikut menghormati hari kelahiran kita dengan puasa sunnah... tapi yang jadi masalah adalah bagi mereka yang lahir di hari jum'at apakah tidak diberi kesempatan untuk menghormati hari kelahirannya?? huheuheue

salah satu contoh kecil yang bisa di maknai
Rasululloh pernah menyatakan (entah ini bener atau tidaknya cuman saya hanya menyampaikan apa yang saya tau, mohon koreksi)
bahwasana ketika kita lahir, ada temen kita yang di istilahkan atau di sebut Qorin, ketika ditanya oleh para sahabat tentang Qorin " Apakah engkau juga lahir diikuti dengan Qorin, wahai Rosululloh..?" dan beliau menjawab "Benar, Tapi telah aku islamkan"
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Yahoo ID
al_maududi_199
Cinta Rasul Family


Sejak: 30 Apr 2007
Post: 446
Lokasi: W_S_B

PostDikirim: Sab Ags 25, 2007 5:06 am    Judul: Balas dengan kutipan

Hmmm Hmmm Hmmm
af1 klo da yg salah....
n cuma tambahan......
=>puasa kelahiran di sunatkan, untuk yang lahir di hari jum'at juga sunat ko melakukannya,,,, klo setau saya puasa sunah di hari jum'at boleh2 saja ko, g di haramkan, cuman ada anjuran menyambungnya dengan puasa di hari sebelum, ato sesudahnya, dengan alasan biar tidak menyamai kaum ??? (af1 lupa).....
tentang puasa senin-kamis itu meniru Rasull..., yang katanya klo hari senin adalah hari kelahiran Rasull dan klo hari kamis adalah hari week end dari catatan malaikat.
=>untuk niat dah di sampaikan mas adi....
klo da yg kurang bener di benerin y.... Peace Peace Peace Peace
_________________
"lihatlah sesuatu apa adanya"
"hanya "DIA" yang tau"
K1ta t4k HidUp di m45a LAlu, KiTa Maju TerUs, Buka PinTU - Pintu Baru, HaL - H4L BaRu, Karena KiTa ing1n Tahu, itu meMbaW4 KiTa ke Jalan BaRu.......
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim Yahoo ID
deri_raihan
Cinta Rasul Family


Sejak: 10 Mar 2007
Post: 929
Lokasi: Padang, Sumatra Barat, Indonesia

PostDikirim: Kam Ags 30, 2007 8:38 pm    Judul: Maaf kalo ada salah Balas dengan kutipan

Kalo menurut deri lahir di hari jumat adalah hal yang baik. Karena itu nggak ada masalah ttg jodoh ataupun perkara lainnya. Karena semuanya ada pada kekuasaan Allah. Mengenai puasa di hari jum'at itu tidaklah dilarang, apalagi kalo puasa pada hari kelahiran. Islam melarang puasa pada hari Jumat, kalo kita mengkhususkannya wajib untuk berpuasa pada hari itu.

Mengenai niat seseorang dalam ibadah... Allah tidak memberatkan hambanya. Kita bisa berniat secara bahasa indonesia ataupun arab. Karena sebetulnya niat itu datangnya dari hati bukan dari lisan. Contohnya walaupun kita dalam perkataan bicara Ushalli fardhal maghribi..... tapi hanya karena paksaan, maka itu disisi Allah sama dengan kosong. Bila kita meniatkannya baik maka baiklah apa yang akan kita usahakan. Niat yang kita ucapkan itu hanya sebagai penguat hati untuk benar benar melaksanakan apa yang kita niatkan

Mengenai hari yang dilarang berpuasa :
1. Puasa pada dua hari raya
2. Puasa pada hari tasyrik
3. Puasa yang dikhususkan dilaksanakan pada hari Jumat, karena hari jumat adalah hari mingguan umat islam. Tapi kalo nggak dikhususkan nggak papa kok.
4. Puasa yang dikhususkan pada hari sabtu, karena pada hari sabtu adalah hari mulianya orang nasrani, Tapi kalo nggak dikhususkan nggak papa kok.
dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat buku Fiqh Sunnah
Kembali Ke Atas
Lihat profil user Kirim pesan pribadi Kirim email Kunjungi situs pengirim Yahoo ID
Tampilan pesan sebelumnya:   
Kirim topik baru   Kirim balasan    Indeks Forum Forum Cinta Rasul -> A. TENTANG ISLAM Zona waktu menurut GMT +7 Jam
Halaman 1 dari 1

 
Navigasi:  
Anda tidak dapat mengirim topik
Anda tidak dapat menjawab topik
Anda tidak dapat mengubah pesan Anda
Anda tidak dapat menghapus pesan Anda
Anda tidak dapat mengikuti polling



Copyright © 2007 by Cinta Rasul
Powered by phpBB © 2001-2007 phpBB Group
 
website monitoring  Locations of visitors to this page